RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN KE 5

Model Data-Information-Knowledge-Wisdom (DIKW)

Gene Bellinger (2004), Systems Thinking, Knowledge Management – Emerging Perspectives

Pikiran manusia memiliki beberapa kategori. Kategori pikiran manusia menurut Russell Ackoff dibagi menjadi 5 bagian.

  1. Data, yaitu simbol-simbol berupa angka, huruf, gambar,dll.
  2. Informasi, yaitu data yang sudah diproses dan berguna.
  3. Pengetahuan (Knowledge), yaitu aplikasi/pengunaan data dan informasi.
  4. Pemahaman (Understanding), yaitu pemahaman dan menjawab pertanyaan.
  5.  Kebijakan (Wisdom), yaitu pemahaman yang dievaluasi.

empat kategori pertama merupakan masa lalu atau masa kini, sedangkan kebijakan menyangkut masadepan.

A. Data

Data bisa berupa fakta ataupun pernyataan dan tidak mempunyai hubungan dengan yang lainnya.

Contoh : Sekarang hujan, 15000

B. Informasi

Informasi merupakan kumpulan data yang memiliki hubungan antar datanya

Contoh : harga telur saat ini adalah Rp 15.000

C. Pengetahuan (Knowledge)

Pengetahuan merupakan penggunaan informasi dalam sebuah konteks untuk membuat suatu keputusan.

Pola/pattern informasi yang saling terhubung/muncul dari informasi. Pola ini bersifat berulang-ulang dan dapat memprediksi apa yang terjadi kemudian.

Contoh : Jika kelembaban sangat tinggi dan temperatur turun maka atmosfir menampun uap air sehingga akan turun hujan

Pengetahuan = Informasi + Rules (reasoning)

Expert Reasoning

  1. Reasoning by analogy,yaitu membuat analogi (keterhubungan dengan metode menyamakan) satu konsep dengan konsep lain yang sejenis.
  2. Formal reasoning, yaitu mengunakan metode deduktif atau induktif (berbasis fakta untuk menghasilkan kesimpulan)
  3. Case-based reasoning, yaitu reasoning dengan kasus-kasus terdahulu yang relevan.

Contoh perbedaan Data, Informasi dan pengetahuan:

  • Data: 100, KM 72
  • Informasi: Sebuah kendaraan melaju pada kecepatan 100 Km/jam di KM 72 Tol Cipularang
  • Pegetahuan: Dengan menerapkan pengetahuan batas kecepatan di KM 72 Tol Cipularang, yakni maksimal kecepatan 80 Km/jam dapat disimpulkan bahwa kendaraan tersebut melanggar aturan batas kecepatan maksimum

D. Kebijakan (Wisdom)

Kebijakan terdiri dari pengetahuan-pengetahuan, Prinsip-prinsip yang terjadi dan menjelaskan kenapa pola-pola tersebut terjadi

Contoh: Hujan terjadi karena terjadinya interaksi antara curah hujan, penguapan, arah udara,  perubahan suhu dsb.

Kebijakan hanya dimiliki manusia karena menyangkut memahami dan menilai antara baik-buruk dan benar-salah

Pemodelan Pengetahuan

Ada beberapa pemodelan pengetahuan yang bisa digunakan oleh manusia dan komputer

  • Aturan (Rules)

Menurut E.H. Shortliffe, knowledge direpresentasikan sebagai pasangan atribut yang bernilai. Bentuk umum rules:

if attribute A1 has value V1

and attribute A2 has value V2

then attribute A3 has value V3

  •  Semantic Network

Node adalah item-item khusus dan link menunjukkan hubungan antar item. Dengan menelusuri link memungkinkan (mesin) menjawab pertanyaan sbb:

Bagaimana power sampai ke elemen pemanas (heating)?

Apa tujuan dari lamp?

  • Knowledge Structure

Pengetahuan yang aktual dihasilkan dari pengetahuan yang sudah ada. Identifikasi pengetahuan dasar untuk membangun struktur pengetahuan. Pengetahuan dasar ini menjadi bagian struktur pengetahuan; dan dapat digunakan untuk menghasilkan pengetahuan aktual

Contoh pengetahuan dasar dari pengetahuan merebus telur:

Boiling an egg

Boiling Water

Obtaining an egg

Chemical changes

  • Knowledge Map/Network

Setelah pengetahuan dasar diketahui, relasi antar pengetahuan dipetakan yang sifatnya valid dan sesuai kebutuhan. Pengetahuan manusia berkembang melalui pembelajaran dan berdasar pengetahan sebelumnya. Pembelajaran bersifat hirarki karena pengetahua baru tergantung pada pengetahuan sebelumnya

  • Frames
  • Concept Diagram